Kamis, 20 Oktober 2011

Fenomena Media Online di Indonesia


Keberadaan internet memang tidak di ragukan untuk menilik dan mengakses secara cepat baik posting, sosial network, video, maupun fasilitas lainnya. mejamurnya media massa cetak maupun elektronik membuat para penguasa media mulai sadar dan memandang serius kehadiran internet untuk masyarakat dalam memperoleh informasi teraktual dan cepat.

meski terbilang baru beberapa tahun terakhir ini, menjamurnya media online cukup di buru banyak audience internet dalam mencari sebuah informasi di kehidupan sehari-hari, bahkan media online dinilai media yang paling mudah di akses,apalagi beberapa gadget sudah memberikan fasilitas layananan akses browsing internet maupun website news, sehingga tidak salah perkembangan media online sangat signifikan dan menguntungkan.

seiring maraknya media online salah satunya detik.com di tengah masyarakat, perusahaan media online terbesar di Indonesia saat ini sudah berdiri sejak tahun 1998 oleh budiono darsono yang juga bergelut di dunia jurnalistik.


Hampir semua orang Indonesia yang melek internet kenal dengan portal news bernama Detik.com, hampir semua portal utama ,detik.com selalu nomer satu di indonesia dalam kategori mereka.


ada 5 kategori di portal utama detiknews.com, detikhot.com, detiksport.com, detikfinance.com detikinet.com yang berisikan tentang berita , entertainment, olahraga, ekonomi, teknologi bahkan kini beberapa portal tambahan di hadirkan bagi pengguna internet khusunya para browser.


media online yang memiliki 300 karyawan ini terus menunjukkan eksistensiannya, bagaimana tidak untuk menggandeng para browser setia atau audience internet, detik.com membuat portal forum dimana portal ini sengaja dihadirkan untuk mengumpulkan para masyarakat menyuarakan pendapat ataupun diskusi sesuai dengan pokok pembahasan yang audience buat.


Dengan banyaknya portal berita maupun portal lainnya yang disediakan akan mempermudah bagi pembaca memilih berita yang di inginkan, halt ersebut berdampak pada efisiensi pengguna yang menginginkan informasi cepat, terpercaya dan aktual.


kehadiran media online ini jelas telah mengubah paradigma baru di dunia media massa terutama dalam hal pemberitaan, yakni event on the making. dimana berita yang muncul tidak hanya disiarkan maupun dicetak dalam waktu beberapa menit,jam ataupun hari, tetapi begitu terjadi sebuah peristiwa langsung, kejadian tersebut dapat di-upload atau di posting ke dalam situs web media online. Itulah keunggulan media online yang serba cepat.


Melihat fenomena perkembangan jurnlsme online ini, Detik.com memiliki beberapa kantor pusat yang berada di jakarta, dan kantor cabang/biro seperti di kota bandung, surabaya, dan yogyakarta.(rch)



RICHA FRANSISCA

STIKOSA-AWS/BROADCAST

09.31.34.88







0 komentar:

Posting Komentar